5 Hari 4 Malam Flores Adventure 

GREAT KOMODO TOUR

Jl Wae Mata, Labuan Bajo, Manggarai Barat

WA/HP: +6281353072639

Email: info@greatkomodotour.com

phionbarti@gmail.com

 

5 Hari 4 Malam Flores Adventure 

Selamat datang di Pulau Flores. Flores menyimpan seribu tempat bernuansa surga. Wae Rebo dan Danau Kelimutu merupakan dua surga kekeyaan Flores selain binatang Komodo.

Hr 1. Bandara Komodo- Kampung Denge – Kampung Wae Rebo

Penjemputan di Bandara Komodo. Short briefing dan menuju Desa Denge (tempat awal trekking ke Kampung Wae Rebo) yang ditempuh kurang lebih 5 jam. Durasi trekking dari Kampung Denge ke Kampung Wae Rebo sekitar paling lama 2 jam. Setiba di kampung wisatawan akan diterima secara adat di rumah adat pusat kampung dan setelah itu barulah dapat mengambil foto dan berinteraksi dengan warga. Pemandu wisata lokal akan menjelaskan secara garis besar tentang sejarah dan struktur pembangunan rumah adat kerucut tersebut. Pemandu atau tokoh adat akan menyampaikan beberapa poin penting yang tidak boleh dilakukan wisatawan selama berada di kampung ini. Wisatawan akan diarahkan ke salah satu rumah kerucut untuk bermalam. Makan malam bersama. Bermalam di Kampung Wae Rebo

Hr 2. Kampung Wae Rebo – Kampung Denge – Spider Web – Hotel di Ruteng

Keesokan harinya wisatawan akan menikmati keindahan matahari terbit dan suasana perkampungan. Sarapan pagi. Selanjutnya wisatawan bisa mengambil foto dan berinteraksi dengan warga. Setelah itu bersiap-siap menuju Kampung Denge untuk melanjutkan perjalanan ke tempat wisata berikutnya. Spot berikutnya yakni Spider Web Rice atau sawah yang berbentuk sarang laba-laba. Masyarakat Manggarai memunyai cara unik tersendiri dalam pembagian lahan entah itu sawah atau ladang. Pembagian dari bagian tengah keluar batas tanah merupakan sebuah lambang persatuan. Selanjutnya ke Kota Ruteng dan bermalam di hotel. Makan siang dan malam disediakan.

 Hr 3. Hotel – Danau Rana Mese – Kampung Arak Aimere – Kampung Bena – Hotel di Bajawa

Sarapan pagi di hotel dan bersiap-siap untuk tour ke bagian timur pulau Flores. Danau Rana Mese berada dekat dengan Kota Ruteng kurang lebih 1 jam. Danau ini merupakan danau alamiah yang tepat berada dekat dengan jalan raya. Wisatawan menikmati keindahan danau dan kesegaran udara serta kicauan burung-burung. Kampung Arak Aimere ditempuh kurang lebih 3 jam. Wisatawan akan menyaksikan secara langsung bagaimana proses pembuatan arak lokal Flores. Kita juga disajikan untuk dapat merasakan arak lokal ini. Perjalanan selanjutnya menuju Kampung Bena. Kampung Bena merupakan kampung adat masyarakat Ngada/Bajawa. Wisatawan akan menikmati keindahan dan keunikan kampung Bena. Sedikit gambaran tentang kampung yakni kampung megalitikum. Kampung ini berada di kaki Gunung Inerie (gunung berapi). Keberadaannya ini merupakan ciri khas masyarakat lama pemuja gunung sebagai tempat para dewa. Wisatawan akan diarahkan ke Kota Bajawa untuk bermalam di hotel. Makan siang dan malam disediakan.

Hr 4. Hotel – Pantai Batu Biru – Museum Soekarno – Kampung Wolo Gai – Hotel di Moni

Sarapan pagi di hotel. Spot yang pertama hari ini yakni Pantai Batu Biru. Di sepanjang pantai sebelum Kota Ende/kota bersejarah terdapat sebuah pantai dengan dipenuhi oleh batu biru atau berwarna-warni. Wisatawan akan menikmati keindahan batu-batu ini dan suasana pantai. Selanjutnya memasuki Kota Ende yakni kota satu-satunya di Flores tempat Soekarno diasingkan dulu. Wisatawan akan mengunjungi museum Bung Karno ini. Ini merupakan daerah Kabupaten Ende. Salah satu kampung adat orang Ende yang mudah dijangkau yakni Kampung Wologai. Kampung ini telah berusia 800 tahun. Terdapat sebuah pohon beringin yang diyakini di tanam oleh leluhur dan setara dengan usia kampung. Selanjutnya ke Kampung Moni untuk bermalam di hotel. Makan siang dan malam disediakan.

Hr 5. Hotel – Danau Kelimutu – Hotel – Bandara Ende

Pagi hari sekitar jam 04:00 wisatawan sudah bersiap-siap menuju Danau Kelimutu. Wisatawan menggunakan mobil dan kurang lebih 30 menit berjalan kaki untuk tiba di danau. Wisatawan akan menyaksikan keunikan dan keindahan Danau Kelimutu yang terdiri dari tiga danau yang masing-masing memunyai warna. Masyarakat Ende Lio mempercayai bahkan arwah orang meninggal berada di tempat ini. Selanjutnya menuju ke hotel untuk sarapan pagi. Tour wisata Flores Adventure selesai dan wisatawan akan diantar ke Bandara Ende.

 

Salam kami:

Great Komodo Tour

Phion Barty

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
WhatsApp chat